SOAL - SOAL SEJARAH BESERTA JAWABAN DAN SUMBERNYA

1.   Jelaskan masa awal perkembangan agama Islam di Indonesia
 Jawab =
Agama islam masuk melalui para pedagang dari india dan arab.karena faktor-faktor tertentu yang membuat masyarakat islam tertarik dengan islam dan semangat para penganut islam untuk terus menyebarkan agama ini maka dengan mudah islam menyebar ke seluruh indonesia.
2.   Ceritakanlah dengan singkat proses munculnya agama islam ke indonesia
Jawab =
Kapan tepatnya agama islam mulai masuk ke Indonesia tidak di ketahui. Ada pendapat bahwa agama islam masuk ke indonesia pada abad ke 12 M, karena pada abad tersebut muncul kerajaan samudra pasai yang bercorak islam.menurut Snouck Horgronje , islam di bawa ke indonesia oleh para pedagang dari gurajat (India).
3.   Bagaimana pedagang arab dan gurajat menyebarkan islam di Indonesia?
Jawab =
-         Pedagang india (gurajat), selain berdagang mereka aktif mengajarkan agama dan kebudayaan islam kepada setiap masyarakat yang mereka jumpai
-         Pedagang arab , mereka datang ke indonesia sejak masa kerajaan sriwijaya dan menguasai jalur pelayaran perdagangan wilayah Indonesia bagian barat.
4.   Jelaskan peranan para wali dalam menyebarkan agama islam
Jawab =
Para wali bertindak sebagai juru dakwah , penyebar, dan perintis agama islam. Dengan bekal pengetahuan agama dan keahlian tersebut, para wali mendapatkan banyak pengikut dan sangat dihormati.
5.   Uraikan bagaimana taktik portugis untuk menguasai ternate dan tidore
Jawab =
Bangsa portugis mendirikan benteng bernama Sao paolountuk melindungi kerajaan ternate dari serangan kerjaan tidore, namun hal itu hanyalah taktik agar dapat bertahan dan menguasai ternate .kemudian bangsa portugis membunuh Sultan Hairun yang berkuasa di kerajaan Ternate dengan cara mengundangnya ke benteng lalu membunuhnya.
Sumber: http://www.scribd.com/doc/81431005/Kumpulan-Soal-Sejarah
6.   Mengapa agama islam mudah di terima masyarakat Indonesia?
Jawab =
-         Syarat untuk masuk agama Islam sangatlah mudah.
     Seseorang hanya butuh mengucapkan kalimat syahadat untuk        bisa secara resmi menganut agama Islam.
-         Agama Islam tidak mengenal sistem pembagian masyarakat berdasarkan pembedaan kasta.
-         penyebaran agama Islam dilakukan dengan jalan yang relatif damai (tanpa melalui kekerasan).
Sumber: http://www.scribd.com/doc/81431005/Kumpulan-Soal-Sejarah
7.   Mengapa negara-negara eropa ingin menguasai daerah-daerah baru ?
Jawab =
Negara-negara Eropa ingin menguasai daerah-daerah baru, tujuannya ialah:
-         Mendapakan daerah pemasaran hasil industri
-         Mendapakan daerah penghasilan bahan mentah atau bahan baku
-         Mendapatkan daerah penanaman modal
Sumber: http://www.scribd.com/doc/81431005/Kumpulan-Soal-Sejarah
8.   Apa yang di maksud dengan hak oktrooi?
Jawab =
Hak Oktrooi adalah hak-hak istimewa yang di dapatkan oleh VOC dalam kekuasaannya diIndonesia.
          Sumber: http://www.scribd.com/doc/81431005/Kumpulan-Soal-Sejarah
9.   Uraikan mengenai sistem pemerintahan belanda di Indonesia
Jawab =
-         Sistem pemerintahan Belanda menurut kebijakan Van der Capellen adalah menyewakan tanah kepada pengusaha-pengusaha Eropa untuk mengurangi utang-utang Belanda
-         Sistem pemerintahan Belanda di bawah Gubernul Jendral Van den Bosch mengambil kebijakan tanam paksa dimana tanam paksa dilakukan dengan membebaskan 1/5 tanahsetiap desa untuk di tanami tanaman ekspor. Hasil tanaman ekspor harus di serahkan kepada pemerintah kolonial Belanda
10. Uraikan mengenai komersialisasi,moneterisasi, dan industrialisasi
Jawab =
a.   komersialisasi adalah sebuah proses di mana pemasar     melakukan produksi skala penuh, menetapkan harga, membangun jaringan distribusi,dan membuat rancangan promosi akhir.
b.   moneterisasi adalah proses mengatur persediaan uang sebuah negara untuk mecapai tujuan tertentu.
c.   Industrialisasi adalah bagian dari proses moneterisasi di mana perubahan sosial dan perkembangan ekonomi erat hubungannya dengan inovasi teknologi.
11. Jelaskan pengaruh kebudayaan barat terhadap kebudayaan Indonesia
Jawab =
Pengaruh kebudayaan Barat terhadap kebudayaan Indonesia yaitu melalui jalur pemerintahan dan pendidikan. Melalui kedua jalur ini, mulai dipelajari bahasa Belanda, tata cara pergaulan Eropa, dan etika berpakaian ala Eropa.


12. Bagaimana perkembangan pendidikan di indonesia  pada masa kolonial belanda?
Jawab =
Perkembangan pendidikan indonesia pada masa kolonial Belanda
Pada tahun 1848 mulai dibuka sekolah-sekolah seperti, HIS (Hollandsch Inlandsche School),MULO(Meer Ultgebreid Lager Onderwijs), AMS (Algemeene Middelbare School), dan HBS (Hoogere Burgerschool)
Pada tahun 1851 dibuka sekolah guru,Kweekschool dan Hogere Kweeksschool, dan juga sekolah dokter STOVIA Akhir abad 19 dibuka sekolah untuk umum,Sekolah Angka 1 dan Sekolah Angka 210.
13. Jelaskan apakah ideologi dan agama mempengaruhi kebijakan pemerintah kolonial belanda
Jawab =
Ideologi dan agama mempengaruhi kebijakan pemerintah kolonial Belanda, karena menurut hasil penelitian Hurgronje terhadap agama Islam di Indonesia, pemerintah harus bersikap netral terhadap kehidupan keagamaan dan memberikan kesempatan yang cukup bagi kepentingan rohani kaum muslim di Indonesia. Sumber: http://www.scribd.com/doc/81431005/Kumpulan-Soal-  Sejarah
14. Apakah perbedaan antara ideologi dan agama mempengaruhi kebijakan pemerintah kolonial belanda
Jawab =
Ideologi dan agama mempengaruhi kebijakan pemerintah kolonial Belanda, karena menuruthasi penelitian Hurgronje terhadap agama Islam di Indonesia, pemerintah harus bersikap netralterhadap kehidupan keagamaan dan memberikan kesempatan yang cukup bagi kepentingan rohani kaum muslim di Indonesia.
15. Sebutkan faktor yang membuat lahirnya gerakan pemuda di indonesia
Jawab =
Faktor -faktor yang membuat lahirnya gerakan pemuda Indonesia adalah:-perkebangan pendidikan barat di Indonesia-penderitaan rakyat akibat penjajahan-pengaruh perkembangan pendidikan Islam di Indonesia-pengaruh perkembangan pendidikan kebangsaan di Indonesia.
16. Jelaskan hubungan antara pergerakan kebangsaan di asia dengan kebangkitan nasionalisme di indonesia
Jawab =
Pergerakan kebangsaan di Asia dengan kebangkitan nasionalisme di Indonesia memilikihubungannya sangat erat. Pergerakan kebangsaan di Asia yang memotivasi bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan, kebebasan dari penderitaan penjajah. Dan juga memicu kesadaran bersama bangsa Indonesia untuk lepas dari penjajah.



17. Apa perbedaan dan persamaan pemerintah kolonial pada masa tanam paksa dan masa liberal?
Jawab =
Persamaannya adalah sama - sama menyengsarakan rakyat, sebagian besar upah rakyat di ambil Belanda, tujuan untuk mengisi dana Belanda untuk kepentingan perang.
Perbedaanya yaitu pada saat tanam paksa rakyat indonesia menderita karena di paksa sedangkan masa liberal lapangan pekerjaan dibuka untuk rakyat.
18. Jelaskan mengapa organisasi-organisasi kepemudaan pada masa pergerakan nasional lebih menonjolkan unsur-unsur kedaerahannya
Jawab =
Organisasi-organisasi kepemudaan pada masa pergerakan nasional lebih menonjolkan unsur-unsur kedaerahannya karena pada saat itu alat komunikasi belum canggih dan juga masing-masing daerahingin menunjukkan kehebatan melawan penjajah meskipun hanya berdiri sendiri.
19. Jelaskan apa peran wanita dalam pergerakan nasional
Jawab =
peran wanita dalam pergerakan nasional adalah wanita berperan dalam pergerakan wanita yang dipelopori oleh R.A Kartini. Gerakan ini bertujuan untuk menyamakan kedudukan wanita dengan pria,kemudia di adakan kongres perempuan I di Yogyakarta pada tahun 1982 dan kongres perempuan II di jakarta pada tanggal 22 Desember 1930,yang kemudian di jadikan sebagai hari Ibu.
20. Uraikan mengenai hasil kongres pemuda I dan II ! jelaskan latar belakang jepang menduduki Indonesia
Jawab =
Hasil Kongres Pemuda I dan II adalah Kongres Pemuda I ini menerima dan mengakui cita-cita persatuan Indonesia walaupun perumusannya masih samar-samar dan belum jelas.Kongres juga masih belum berhasil membentuk suatu organisasi dari berbagai organisasi pemuda.Kongres Pemuda II berhasil menucgucapkan sumpah setia,Satu Nusa,Satu Bangsa, dan Satu Bahasa,Indonesia.
21. Mengapa kedatangan jepang mudah di terima oleh bangsa Indonesia ? dan jelaskan kebijakan utama bangsa jepang atas indonesia
Jawab =
Karena dengan propaganda Jepang yang dikenal dengan sebutan 3A,Jepang berhasil menarik simpati masyarakat Indonesia untuk membantu Jepang mengusir Belanda yang telah berkuasa tiga abad lamanya.kebijakannya:
-         Masa pendudukan Jepang mengutamakan penguasaan atas sumber-sumber bahan mentah untuk industri perang.dengan asas ekonomi perang, semua sektor ekonomi dikuasai pemerintah dan perdagangan dimonopoli pihak swasta Jepang.
-         Sistem pengajaran dan struktur kurikulum sekolah ditujukan untuk kepentingan Perang AsiaTimur Raya.
-         Karya-karya sastra yang mendukung politik 3A atau yang sejenis dibiarkan tumbuh.
-         Selama masa pendudukan Jepang, seluruh kegiatan rakyat dicurahkan untuk memenuhi kebutuhan Jepang.
22. Jelaskan keadaan masyarakat indonesia selama selama masa pendudukan jepang! Dan adakah pemberontakan pada masa pendudukan jepang? Uraikan
Jawab =
Keadaan Indonesia pada masa pendudukan jepang sangat buruk, mulai dari kegiatan ekonomi yang di kuasai oleh jepang, menurunnya jumlah sekolah, dilarangnya budaya selain budaya Jepang, rakyat yang di jadikan tenaga kerja paksa, dan di bangunnya wilayah militer Jepang. Pemberontakan – pemberontakan di Indonesia antara lain : di Aceh (1942), di Indramayu (1943), di Tasikmalaya (1943), di Maureu (1944), dan di Blitar (1945).
Sumber : Buku sejarah untuk SMA dan MA kelas XI program Ilmu Pengetahuan Alam, penerbit Erlangga, pengarang : Magdalia Alfian, Nana Nurlina Soeyono, sudarini Suhartono, halaman : 121 – 24

23. Bagaimana dampak  pendudukan jepang dalam bidang ekonomi dengan pendidikan dan adakah pengaruh struktur pemerintahan pada masa pendudukan jepang dengan yang ada saat ini
Jawab =
Dalam bidang ekonomi masa pendudukan jepang mengutamakan penguasaan sumber bahan mentah untuk industri perang shingga berubah dari keadaan normal menjadi ekonomi perang,sedangkan dalam pendidikan pelajar harus menghormati adat kebiasaan jepang, sehingga menjadi tempat indoktrinasi jepang,karena jika

 di perhatikan struktur pemerintahan indonesia yang sekarang mirip dengan struktur pembagian wilayah militer jepang.
Sumber: Buku sejarah untuk SMA dan MA kelas XI program Ilmu Pengetahuan Alam, penerbit Erlangga, pengarang : Magdalia Alfian, Nana Nurlina Soeyono, sudarini Suhartono, halaman : 123


0 komentar: